samarkand, muasal penyebaran islam di jawa

amulet of samarkand adalah frase yang menarik minat saya pada kota samarkand. memang sih di novel jonathan stroud ini hampir sama sekali tidak membahas mengenai kota samarkand, cuma membahas tentang sebuah jimat berupa liontin batu yang berasal dari kota samarkand.

samarkand adalah sebuah kota tua di uzbekistan dimana penduduknya sebagian besar adalah muslim. heran bagi saya sebuah kota di asia timur (??? sebenarnya asia tengah) mana mungkin berperadaban islam, tua lagi. Yak ternyata setelah ditaklukkan Alexander the great pada 320 SM samarkand masuk wilayah dinasti abbasiah bersamaaan dengan masuknya islam ke iran. kapan ya? (saya ga nemu di wikipedia T_T, (biasanya emang wikipedia tidak memuat kejayaan islam)) sekitar abad ke-8.

Maulana malik ibrahim. Wali songo tertua yang menurunkan sebagian besar dari para walisongo ternyata lahir di samarkand.Maulana malik ibrahim dipanggil juga Makhdum Ibrahim as-Samarqandy. Syeh Maulana Malik ibrahim dan Syeh Maulana Ishaq adalah anak dari Syeh Jumadil Qubro orang samarkand. Ada yang menganggap ini legenda tapi ada juga yang menganggapnya sebagai kebenaran. Yang jelas Maulanan malik ibrahim orang arab, entah itu afrika utara, persia, maupun samarkand.  Tapi yang jelas asal muasal penyebaran islam di jawa dan indonesia bukan dari gujarat india seperti yang tertulis di buku sejarah SD-SMP-SMA. Tau ga sih rasanya sedih kalo berpikir demikian

Advertisements

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to samarkand, muasal penyebaran islam di jawa

  1. Menulis terakhir udah lama. Bulan Agustus. Ayo nulis lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s