Manfaat Srikaya

Ngga sengaja nemu artikel ini di http://suaramerdeka.com.

image

Taneman yang lagi banyak tumbuh di sekitar rumah.baru mulai ‘thukul’ (what’s thukul in bahasaindonesia?) setinggi penggaris 30 cm. Di daerahku disebut srikaya mulwa banyak yang menyebutnya buah nona atau anona. Ga cuma hidup di indonesia, kayanya menyebar hampir di seluruh asia tenggara bahkan lebih (males gugling)

Nih manfaatnya kata artikel yang barusan kutemukan

  1. Srikaya tinggi kandungan vitamin C yang membantu menangkal radikal bebas dan peradangan, yang juga efektif mengurangi arthritis dan rematik. Per 100 gram srikaya mengandung 36,3 mg (60 persen) vitamin C.
  2. Serat larut alami (4,4 mg per 100 gram atau 12%) pada buah ini membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan memperlancar buang air besar.
  3. Magnesium (21 mg per 100 gram atau 5%) pada srikaya membantu menjaga fungsi otot polos jantung dan mencegah kram otot jantung.
  4. Buah ini juga mampu menurunkan tekanan darah karena mengandung kalium (247 mg per 100 gram atau 5%).
  5. Konsumsi srikaya memulihkan energi dan mengurangi kelelahan. Satu cangkir porsi buah ini mengandung sekitar 235 kalori.
  6. Folat (14 mcg per 100 gram atau 4%) dan besi (0,6 mg per 100 gram atau 7%) membantu dalam mencegah dan mengobati anemia, selain bermanfaat bagi ibu hamil karena membantu mencegah cacat pada janin.
  7. Fosfor dan magnesium (21 mg per 100 gram atau 5%) menjaga kesehatan tulang.
  8. Kandungan niacin (0,883 mg per 100 gram atau 5,5%) pada srikaya membantu dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sementara serat tambahan memperlambat penyerapan gula dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  9. Buah ini disarankan untuk orang kurus karena membantu menaikkan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.
  10. Konsumsi buah tropis ini mengurangi panas tubuh karena efek mendinginkan.

Beberapa hal yang disarankan:
– Pastikan getah srikaya tidak mengenai mata karena dapat menyebabkan kebutaan (ga yakin, tapi siapa yang berani nyobain?)
– Buah ini memiliki efek mendinginkan. Disarankan tidak berlebih mengkonsumsi srikaya berlebih karena dapat menyebabkan pilek.(awas!)

– Biji srikaya beracun, karenanya, jangan dimakan.(keras lah, tapi pernah iseng gigit- gigit bijinya, pernah juga tertelan, buktinya saya masih hidup, oh…kurang banyak makan bijinya.Eat the whole 1 fruit with it’s bean.yes! You’ll die suffocated instantly)

– Jangan mengkonsumsi buah ini jika Anda memiliki penyakit diabetes karena srikaya tinggi kadar gula.(Iya, rasanya emang manis banget)

Advertisements

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s