Cheng Ho Seorang Kasim

Di buku The Last Empress karya Anchee Min disebutkan bahwa Laksamana Cheng Ho seorang muslim luar biasa dari Cina yang menjelajah sampai nusantara ternyata seorang mantan kasim. Sayavtak bisa menyebutkan pada halaman berapa. Saya sudah lupa. alkisah An Te Hai kasim kesayangan Yehonala sang wali kaisar menekukan nama Cheng Ho dalam daftar nama kasim kota terlarang. An Te Hai yang telah kagum dejgaj Cheng Ho jadi semaoin kagum dan bercita-cita ingin berlayar seperti idolanya. Tapi buku ini cuma jovel yang didasarkan pada sejarah,kesiipun Yehonala,kaisar dan tempat-tempat merupakan fakta, tapi ejtah dengan cerita ini, fakta atau fiksi.
Yang saya tahu saya pernah melihat foto (bekas) rumah Cheng Ho dan foto keluarga besar keturunan Cheng Ho di Nanjing. Rumah laksamana Cheng Ho saat ini dijadikan museum oleh pemerintah Cina.
Tapi saya juga tidak tahu foto itu foto keturunannya lajgsung ataukah foto keturunan keluarga Cheng Ho. Jika benar Cheng Ho seorang kasim maka dia tak mungkin memiliki keturunan.

Advertisements

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in pikiran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s