Kalsium Karbonat

Kemayu pake nama kalsium karbonat atau CaCO3. Biar dikira pinter.Pencitraan udah jadi tren sekarang jadi saya ikut arus aja, mainstream. amit-amit jabang bayi na’udzubillahi mindalik

Alhamdulillah langsung ketemu pada percobaan pertama pencarian di mesin mbah gugel. Soalnya sempat berniat bertelusur dengan kata kunci “kalsium karbonat” itu, ternyata simple. so… think simple is better. Kapur adalah kata kuncinya, lengkapnya kerak kapur.

Masalah yang saya hadapi adalah, perlu menghilangkan kerak kapur pada panci yang biasa digunakan untuk merebus air dan panci yang biasa untuk mensterilkan botol dan dot susu bayi. cara biasa dengan mengerok dan mengikis lapisan kerak itu tentu tidak mungkin. Saya kan sibuk (pencitraan lagi)

Setelah tanya mbah gugling, saya menemukan 2 cara yaitu

1. Merebus larutan citrun atau citric acid di dalam panci yang bersangkutan. Perbandingan larutan yang direbus itu adalah 1 liter air dengan 2 sendok makan citrun

2. Merendam panci yang bersangkutan dengan larutan air panas yang dicampur dengan baking soda selama 15 menit. Setelah itu dicuci seperti biasa

Demikian menurut sumber : http://trikdanperawatan.blogspot.com/2012/03/menghilangkan-kerak-dan-karang-pada.html

dan http://www.tokoprogo.com/tipsmenghilangkankerak.php

saya belum mencobanya jadi saya ngga tau mana yg lebih efektif. Setelah saya coba cara pertama berhasil dengan gemilang. Kerak kapur lenyap dan panci tampak seperti baru lagi.

Satu hal lagi yang perlu saya catat disini adalah ternyata air minum dalam kemasan alias air mineral alias air galonan ternyata juga mengandung kapur. Terbukti dengan tebalnya kerak kapur yang ditimbulkannya pada panci yang digunakan untuk merebus air mineral kurang dari 3 bulan. Tapi meskipun demikian tampaknya kandungan kapur dalam air mineral tidak setinggi kandungan kapur pada air tanah di daerah tertentu.

Adakah bahaya dari air yang mengandung kapur untuk dikonsumsi? Lain kali kita cari tahu (kita? lo aja kale)

 

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

