sudah ikhlas belum?

siapa sih yg tidak pernah denger kata ‘ikhlas’?sering banget denger kan?kalo ga salah selain nama surat dalam al quran ada juga lagu yang ikut-ikutan pake judul ikhlas.beberapa hari terakhir saya sering banget mendengar.ada yg bilang ‘saya ikhlas’ ada juga yg bilang ‘kaya gitu kok ikhlas’ ada juga yang bilang ‘saya ngga ikhlas’ hahaha saya ga tau dimana lucunya tapi bikin saya ngetawain mereka atau mungkin kerumitan jalan takdir yg saya tertawakan

katanya ikhlas itu artinya bersih dari kotoran. katanya juga ikhlas berarti tulus hati, niat yang bersih tanpa pamrih. seingat saya kalo dalam islam ikhlas diartikan melakukan perbuatan semata-mata diniatkan dan ditujukan untuk allah, perbuatan yang dilakukan hanya dengan mengharap ridha allah.nah kalo pengen dapet pujian,reward dan timbal balik maka berharapnya sama allah saja bukan sama orang lain.yang terakhir ini menurut saya loh ya….

eh tapi di dunia yang segalanya diatur oleh hukum manusia. ketika bahkan hukum dan aturan bikinan tuhan tidak lebih ditakuti daripada hukum dan aturan yang dikarang manusia masa iya ada yang melakukan sesuatu seratus persen dengan mengharap ridha allah?hmm…saya jadi bertanya2 semakin jauh nih. misalnya kerja kantoran ato lapangan trus ngarep dapet gajinya dari allah aja trus gimana caranya ya? masa tiba2 mak pedunduk ada duit di muka kita? tentu saja ga gitu ya? saya kira ketika kita gajian itu cuma mekanismenya aja lewat manusia tentu saja itu dari allah wong segalanya kepunyaan allah

nah yang bisa saya pertanyakan lagi,gimana ikhlas tanpa mengharap pujian dari selain allah?nampaknya ini yang paling sulit kan kecenderungan manusia suka dipuji,padahal kalo pujian dari allah ga mungkin bisa ditangkap manusia. dan lagi makhluk selain allah cenderung memberikan reward kepada manusia lain.iya sih niat awal emang ikhlas trus nggrundel ketika hasil kerjanya tidak dihargai atau sakit hati ketika kerjanya dikritik bahkan dihina manusia lain atau marah-marah ketika dalam pekerjaannya ada masalah.kalo ikhlas beneran logikanya kan ga marah-marah,masa ibadah marah-marah,misalnya lagi shalat trus mukena ato sarung yang dipake sobek masa mau marah-marah kan batal

sebegitu sulitnya buat kerja ikhlas.ikhlas itu ga sesederhana ngomongnya.ga juga semudah berniat karena banyak kasus niat akan membelok di tengah jalan.maka dari itu ketika akan berbuat jangan lupa berniat,meskipun niat itu ga terucap dan jangan lupa ingat-ingat terus niat jangan sampe niat belok di tengah perjalanan.ga bener juga kalo niat ikhlas baru muncul di tengah perujalanan,ga sopan allah dijadiin pelarian.manusia aja ogah dijadiin pelarian

makanya jangan terlalu mudah ngomong ikhlas.lagi-lagi kebiasaan manusia itu sesuatu yang diomongin banyak-banyak biasanya justru ga sesuai dengan kenyataan sebenarnya. apalagi kalo omongan ketika sedang bermasalah lebih banyak ngeles daripada jujur

Tulisan ini sekedar catatan buat diri sendiri,lagian siapa juga yang mau baca.amaaannnn….:-D

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

