Garang asem dan Botok

Setelah tempo hari saya membahas Garang Asem van Kudus kali ini saya akan membandingakannya denga Botok yang sama-sama dibungkus daun pisang. Masakan sejenis, maksud saya yang dibungkus daun pisang adalah pepes.  Pepes setahu saya berbahan ikan baik itu ikan air tawar maupu  ikan laut. Belum banyak yang saya tahu soal pepes karena ini bukan masakan local daerah saya (Madiun).

Kembali  ke Botok. Bumbu botok bisa digunakan untuk berbagai macam bahan,lamtoro atau petai cina,berbagai macam ikan, Ayam, Tahu dan Tempe, bahkan buah-buahan dan sayuran. Salah satu jenis botok sayuran bernamaBuntil konon merupakan makanan favorit Presiden pertama Indonesia. Ada juga botok tawon bukan tawon yang beterbangan itu, tapi sarang tawon beserta larvanya juga madunya. Ini khas daerah saya tapi saya tidak berani mencobanya. Sedangkan garang asem hanya digunakan pada ayam, ikan dan jerohan ayam seperti saya ceritakan pada halaman sebelum ini. Hanya garang asem ayam yang sudah saya coba beberapa kali

Kedua jenis makanan ini dibungkus daun pisang dengan bentuk tum (baru tau kalo ada namanya) kemudian dikukus. Garang asem tak pernah dipanggang setelah matang tapi jenis botok ikan dan ayam dipanggang setelah matang hingga kuah dalam botok benar-benar kering. Setelah dipanggang rasa amis pada botok akan berkurang. Botok dipanggang dengan meletakkan bungkusan-bungkusannya diatas bara api. Dahulu diletakkan pada wajan tembikar, sekarang pada pemanggang apa saja tapi bukan oven.

Ada dua jenis bumbu  botok yaitu bumbu kelapa dan bumbu kemiri. Bumbu kelapa umumnya cocok digunakan untuk botok sayur-sayuran dan buah-buahan sedangkan bumbu kemiri cocok untuk segala jenis bahan tapi terutama digunakan untuk bahan ikan dan ayam. Dalam prakteknya pada botok bumbu kelapa ditambahkan pula sedikit kemiri sebagai penambah rasa gurih dan kekentalan bumbu.

Dari Bumbunya  nampaklah perbedaan garang asem dengan botok. Garang asem tak mengandung kelapa atau kemiri tetapi memakai santan kental dan hasil akhirnya sangat berair. Botok menggunakan bahan  kemiri atau kelapa dan hasil akhirnya adalah cetakan padat mengikuti bentuk bungkusan daun pisang dengan sangat sedikit air di dalamnya. Bila Garang asem menggunakan bumbu irisan, botok lebih umum menggunakan bumbu halus yang diulek atau digerus. Garang asem tidak menggunakan ketumbar sedangkan dalam botok, ketumbar adalah salah satu bagian pentingnya. Untuk bahan-bahan yang lain tampaknya sama.

Perlukah saya tuliskan bahan-bahan garang asem dan botok disini? Biarlah dari pada tulisan inin kependekan. Saya tidak bisa mencantumkan kuantitas karena saya tak bisa memasak (katanya). Perkirakan saja jumlah tepatnya seperti yang biasa saya lakukan, bahkan tak perlu pakai sendok untuk menjumput gula dan garam

Bahan botok (misalnya) ayam : ayam dipotong kecil-kecil, kemiri,bawang merah,bawang putih, cabe, ketumbar, lengkuas, tomat, garam, gula, penyedap rasa (bila suka) dan daun pisang untuk membungkus. Boleh ditambahkan daun salam bila suka dan ada (biasa masak ngasal).Itu saja, semoga tak ada yang terlewat. Ini contoh bumbu kemiri

Bahan botok (misalnya) tahu,tempe :tahu,tempe,kelapa yang tidak terlalu tua diparut/dikukur, sedikit kemiri, bawang merah,bawang putih, cabe,  ketumbar, lengkuas, tomat, garam, gula, penyedap rasa (bila suka) dan daun pisang untuk membungkus.

Bahan Garang Asem Ayam : ayam dipotong kecil-kecil, santan kental,bawang merah,bawang putih, cabe,   tomat, garam, gula, penyedap rasa (bila suka) dan daun pisang untuk membungkus.

Mirip ya? Tapi rasanya beda banget

Demikian

Advertisements

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Garang asem dan Botok

  1. mydamayanti says:

    jadi kepikiran buat bikin kategori masakan dan makanan

  2. Hmmm… Bisa gak dituliskan bumbu untuk garang Asem Tahu Tempe.. Yang botok, kan ada tuh yang bahannya tahu tempe.. Hehehehhehhee…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s