Penjawaan tokoh Mahabharata dan Ramayana dari India

Maaf sebelumnya, mungkin kata penjawaan adalah kata yang saya paksakan pemakaiannya. Catatan ini saya buat sebagai ringkasan dari bagian buku Arok Dedes karya Pramoedya Ananta Toer . sebagian Besar berasal dari halaman 191-196.

Mahabharata dan Ramayana ditulis oleh orang India tentang orang-orang India dan bersetting di India. Kedua kisah yang sangat-sangat akrab bagi orang Indonesia terutama Jawa. Seakan-akan kisah itu terjadi di Indonesia pada masa lalu.

Kisah-kisah itu masih dianggap sebagai kisah tentang dewa-dewa dan India hingga pada masa pemerintahan Raja Airlangga (1028 – 1042) dari kerajaan Kahuripan ditulis Arjunawiwaha pada 1030 oleh Mpu Kanwa. Mahabharata yang tadinya bersifat suci dan eksklusif  milik golongan Brahmana dan berbahasa Sansekerta menjadi lebih membumi  dengan bahasa Jawa. Arjunawiwaha sebenarnya gubahan dari bagian (mungkin )ketiga Mahabharata yang bercerita tentang Perjuangan Arjuna menyelamatkan Khayangan dari Raksasa Niwatakawaca. Buku ini dianggap sebagai bentuk pertama penggunaan buku suci untuk mendewakan manusia. Arjunawiwaha  ditulis untuk kepentingan Airlangga. Airlangga menyamakan dirinya dengan Arjuna mendirikan Kerajaan Kahuripan dari reruntuhan Medang dengan dukungan para Brahmana.

Berikutnya Kresnayana karya Mpu Triguna. Kresnayana dibuat untuk kepentingan Raja Jayawarsa . Kresnayana bercerita tentang pernikahan Kresna dan Rukmini disadur pada 1104 pada masa pemerintahan Raja Jayawarsa

Hariwangsa karya Mpu Panuluh isinya mirip dengan Kresnayana. Dianggap lebih berhasil daripada Kresnayana berisikan 16000 sajak. Lebih banyak bercerita tentang Wishnu yang menitis pada Kresna. Raja Jayabaya dianggap atau dicitrakan sebagai Kresna.

Pada masa Kretajaya atau Kertajaya (1194-1222)digubah gatotkacasraya lagi-lagi diambil dari Mahabharata. Gatotkacasraya  dikerjakan oleh mpu Tanakung . Meskipun dalam buku Arok Dedes para Brahmana Hindu Syiwa mengecam para Raja yang mendewakan dirinya, tapi Raja-raja ini patut mendapat terimakasih dari para sudra dan keturunannya seperti kita. Tanpa kebijakan pilitis pendewaan diri itu kisah Ramayana dan Mahabharata mungkin masih eksklusif milik kasta Brahmana dan Ksatria.

Sejak ketiga buku itu, muncul kepercayaan seakan-akan Airlangga, Jayawarsa dan Jayabaya bahkan Kretajaya terlibat dalam Bharatayudha. Pendeknya, awal mula penjawaan tokoh – tokoh Mahabharata dan Ramayana adalah pada masa kerajaan Kahuripan kemudian Kediri.

Kitab-kitab Jawa kuno lain yang berbentuk Sajak tidak saya bahas karena  tidak dibicarakan di buku yang sedang saya baca.

  1. Kakawin Tertua Jawa, 856
  2. Kakawin Ramayana ~ 870
  3. Kakawin Arjunawiwaha, mpu Kanwa, ~ 1030
  4. Kakawin Kresnayana
  5. Kakawin Sumanasantaka
  6. Kakawin Smaradahana
  7. Kakawin Bhomakawya
  8. Kakawin Bharatayuddha, mpu Sedah dan mpu Panuluh, 1157
  9. Kakawin Hariwangsa
  10. Kakawin Gatotkacasraya
  11. Kakawin Wrettasañcaya
  12. Kakawin Wrettayana
  13. Kakawin Brahmandapurana
  14. Kakawin Kunjarakarna, mpu “Dusun”
  15. Kakawin Nagarakretagama, mpu Prapanca, 1365
  16. Kakawin Arjunawijaya, mpu Tantular
  17. Kakawin Sutasoma, mpu Tantular
  18. Kakawin Siwaratrikalpa, Kakawin Lubdhaka
  19. Kakawin Parthayajna
  20. Kakawin Nitisastra
  21. Kakawin Nirarthaprakreta
  22. Kakawin Dharmasunya
  23. Kakawin Harisraya
  24. Kakawin Banawa Sekar Tanakung

sumber : http://id.wikipedia.org

About mydamayanti

catatan seorang pelupa
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Penjawaan tokoh Mahabharata dan Ramayana dari India

  1. mydamayanti says:

    asiikk..pendek.bukan sukses bicara dengan singkat dan jelas tapi hanya karena tak tahu lebih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s