Baper oleh Lockwood & Co karya Jonathan Stroud

Bacaan saya bulan ini adalah serial novel Lockwood & Co karya Jonathan Stroud. Saat ini baru sampai buku ke-2 Tengkorak berbisik alhamdulillah karena buku berikutnya entah kapan dikirim oleh Gramedia, yup saya salah satu korban harbolnas Gramedia.com yang ngga asyik itu.

SEbenarnya iseng aja baca ini buku karena Bartimeus Trylogi saya rasa bagus dan bikin baper setelah baca jilid terakhirnya. Kebetulan buku ini pernah dibaca disinggung-singgung salah satu akun twitter yang saya ikuti.

Baiklah menuju ke baper. Tanpa saya duga buku ini  bercerita tentang hantu-hantu yang disebut pengunjung persis seperti yang pernah saya alami. Jangan mengira saya sering lihat hantu seperti para cenayang, bukan seperti itu, tepatnya bukan akhir-akhir ini. Dahulu puluhan tahun yang lalu ketika malam telah gelap saya bisa melihat apa yang disebut di buku ini kabut hantu. Setiap malam di luar rumah. Bayangan-bayangan berwarna putih berkelebatan kesana kemari menembus pepohonan. Bayangan-bayangan putih vertikal tak berbentuk  melayang

Advertisements
Posted in Uncategorized | Leave a comment

+ Write

Tulis tulis tulis

Sungguh berat untuk mulai menulis, entah apa yang kau tulis

Amat merindu jemari merangkai huruf demi kata

Setiap kata menguap diterpa angka

pemikiran dan perasaan berhamburan diserbu data

telah hilang setiap ucap dalam dada yang sempat terangkai dalam bisu

Harusnya

segera tulis sebelum diserbu angka dan aturan

tulis isi hati sebelum tengok carut marut dunia maya

Baiklah sebagai awalan ini cukup

 

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Serbasulit untuk Freeport yang Serbaberat

woooh….begini rupanya

Catatan Dahlan Iskan

Senin, 18 Januari 2016

Relakah Anda bila saat ini negara kita mengeluarkan uang sekitar Rp 20 triliun untuk membeli 10 persen saham Freeport Indonesia (FI)?

Mungkin pertanyaan itu pertama-tama harus dijawab oleh mereka yang selama ini mendesak pemerintah agar memaksa Freeport mengurangi sahamnya di FI.

Kini (minggu lalu, Red) justru Freeport yang secara resmi menawarkannya kepada pemerintah.

Freeport minta agar pemerintah mengambil saham itu dengan nilai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 20 triliun.

Hayo! Bagaimana pemerintah harus menjawab tawaran itu? Sungguh serbasalah.

Kalau saya sih jelas: tidak rela. Dengan membayar Rp 20 triliun, ditambah saham lama, pemerintah baru memiliki 20 persen FI. Masih sangat minoritas. Tidak punya kekuasaan apa-apa di perusahaan itu.

Di lain pihak, laporan-laporan media di Amerika mengerikan. Dilaporkan, kondisi keuangan Freeport tahun-tahun belakangan ini sangat-sangat mengecewakan.

Labanya terus memburuk. Pada 2014, tinggal USD 482 juta. Bahkan, tahun lalu sudah rugi besar: USD 1,8 miliar! Rugi lebih…

View original post 766 more words

Posted in Uncategorized | Leave a comment

samarkand, muasal penyebaran islam di jawa

amulet of samarkand adalah frase yang menarik minat saya pada kota samarkand. memang sih di novel jonathan stroud ini hampir sama sekali tidak membahas mengenai kota samarkand, cuma membahas tentang sebuah jimat berupa liontin batu yang berasal dari kota samarkand.

samarkand adalah sebuah kota tua di uzbekistan dimana penduduknya sebagian besar adalah muslim. heran bagi saya sebuah kota di asia timur (??? sebenarnya asia tengah) mana mungkin berperadaban islam, tua lagi. Yak ternyata setelah ditaklukkan Alexander the great pada 320 SM samarkand masuk wilayah dinasti abbasiah bersamaaan dengan masuknya islam ke iran. kapan ya? (saya ga nemu di wikipedia T_T, (biasanya emang wikipedia tidak memuat kejayaan islam)) sekitar abad ke-8.

Maulana malik ibrahim. Wali songo tertua yang menurunkan sebagian besar dari para walisongo ternyata lahir di samarkand.Maulana malik ibrahim dipanggil juga Makhdum Ibrahim as-Samarqandy. Syeh Maulana Malik ibrahim dan Syeh Maulana Ishaq adalah anak dari Syeh Jumadil Qubro orang samarkand. Ada yang menganggap ini legenda tapi ada juga yang menganggapnya sebagai kebenaran. Yang jelas Maulanan malik ibrahim orang arab, entah itu afrika utara, persia, maupun samarkand.  Tapi yang jelas asal muasal penyebaran islam di jawa dan indonesia bukan dari gujarat india seperti yang tertulis di buku sejarah SD-SMP-SMA. Tau ga sih rasanya sedih kalo berpikir demikian

Posted in Uncategorized | 1 Comment

Nostalgila

Ada yang bilang, ketika seseorang akan mati maka seluruh hidupnya akan terlintas dalam pikirannya. Keganyakan film juga mehggambarkan demikian.Ada juga yang mengatakan bahwa kenangan itu melintas sampai menit ke-7 setelah nyawa seseorang melayang.Hm.. I dont know i’ve never died before.
Belum lama ini seorang kawan menceritakan tentang tanda-tanda,peringatan,petunjuk atau apapun kau menyebutnya ketika seseorang akan mati. Petunjuk itu muncul 40 hari sebelum kematian. Dia bilang ada haditsnya,soal shahih atau engga saya ga ngecek.Saya sama sekali ga ahli dalam hal itu
Masalahnya beberapa hari terakhir ini,terutama hari ini banyak kenangan terlintas di kepala saya. Ketika saya melewati sekolah tempat saya dulu pernah belajar saya teringat ketika saya masih bersekolah dan berteduh di hawah pohon yang nampak dari jalan raya. Kukira semua orang akan teringat masa lalu ketika melihat tempat yang pernah didatanginya di masa lalu kan. Saya baru- baru ini bermimpi tentang rumah lama saya dan kamar lama saya, kamar yang sekarang sudah tak ada karena rumah orang tua saya telah direnovasi. Ketika saya dengar suara adzan dzuhur siang ini, yajg terlintas di kepala saya justru bukan shalat tetapi sebuah rumah di kaki gunung merapi di daerah selo, rumah yang menjadi pos tempat pendaki melapor ketika dia akan naik atau haru turun dari merapi. Kemudian ingatan saya merembet sampai ke dapur rumah sejenis di kaki gunung merbabu tapi saya lupa nama daerah itu.
Jadi apakah saya baru mendapat petunjuk bahwa saya akan mati? Entahlah, saya sudah hidup sejauh ini. Di masa muda saya cuma merencanakan hidup saya sampai umur 25 tahun, saya sudah mendapat bonus sepanjang 7 tahun 2 bulan 14 hari dari yang saya rencanakan. Saya harus bersyukur untuk itu. Trimakasih, Tuhan.

Posted in Uncategorized | 4 Comments

Sambal strawberry

Ini resep temuan mbah kakung.Kreativitas wong ndeso yg pengen makan stroberi tapi ga tahan sama rasa kecutnya
image

Bahan:
-Cabe rawit
-Bawang putih
-Bawang merah
-Stroberi
-Garam
Cara masaknya tentu saja semua bahan dicampur dan diulek.Jangan tanya takaran, takarannya by insting
Rasanya sedap-sedap kecut pedes,warnanya bloody red

Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

Blue billy Goat weed, Ageratum Flowers (Ageratum conyzoides) Suket Wedus-wedusan

(lagi-lagi) ga sengaja nemu blog bagus dengan artikel-artikel yang menurut saya keren. maklumlah si empunya blog ternyata awardee di bidang photography dan seorang profesional di bidang  light design dari india. http://flowersgireeshmenon.blogspot.com menampilkan foto-foto bagus dengan ulasan ringkas padat.

Blog yang bagus bagi saya yang entah kenapa selalu engga bisa berhenti browsing tiap kali mulai nemu bahasan soal hewan dan tumbuhan. Blog ini cukup menginformasikan pada saya soal nama-nama dan manfaat tumbuhan yang tumbuh di seputaran india yang ternyata tersebar sampai indonesia juga. Persebaran tanaman india sama massive dengan persebaran agama dan adat india di indonesia kah? 🙂

Pagi ini saya girang menemukan nama dan kegunaan tanaman liar kesukaan saya di masa kanak-kanak.Orok-orok, Crotalaria jucae, Nama amerikanya Sunn Hemp. Oops OOT

Kembali ke tujuan semula mau bahas ini nih. Namanya Blue billy Goat weed, Ageratum Flowers(Ageratum conyzoides). Baru nemu artikelnya di blog pak Gireeshmenon. Nganga juga pas liat foto cantiknya dan di bawahnya ada kata-kata kegunaan medis. Apah? 😮

Di daerah saya tumbuhan tak bernama ini sering menjadi gulma pengganggu di pekarangan dan kebun. Manfaat maksimalnya cuma sebagai bahan mainan anak perempuan untuk dibuat rangkaian bunga mainan atau tiara bunga mainan (bukan cuma saya kan anak perempuan yang suka bermain begitu?)

Berikut saya salin langsung dari blog Pak Gireeshmenon, dengan berbagai pengurangan dan tambahan

Blue billy Goat weed, bernama ilmiah (binomial nomenclatur)  Ageratum conyzoides , dari Family: Asteraceae (Keluarga bunga Matahari *pantes mirip). Bisa digunakan sebagai obat anti bakteri dan daunnya untuk menyembuhkan luka luar (bukan luka dalam apalagi luka hati). Nah, minyak daunnya bisa dipakai untuk melawan kumbang penggerek batang.Oh ya pantes aja hama padi potong leher baru muncul beberapa tahun terakhir ini ketika tumbuhan ini sudah jarang terlihat.

Goat weed, kita terjemahkan saja langsung dengan Rumput Kambing alias “Suket Wedus-wedusan” warnanya bunganya putih kebiruan mirip bulu kambing gibas, mirip Shaun the sheep juga dong. Bagian mahkota bunganya emang berbentuka mirip bulu kambing berantakan

Di India/Himalaya Suket Wedus-wedusan ini tumbuhan tropis tahunan, nah kalo di Indonesia dia tumbuh ketika musim hujan dan biasanya mati ketika musim kemarau mencapai puncaknya. Di India tingginya mencapai 2.5 kaki (brapa cm ya? tapi saya ga pernah lihat yang tingginya lebih dari 1.25 cm. Bunganya berwarna putih atau putih kebiruan, kecil-kecil berdiameter 0.5 cm atau kurang. Bunga tumbuh di ujung batang atau pucuk. Tumbuhan ini berbau langu terutama bunganya. Bijinya ngga lebih besar dari pada jarum jahit sepanjang 0.5 cm atau kurang dan mudah terbang tertiup angin. Jadi dia anemokori

Pak Gireeshmenon menulis, In alternative medicine, ageratum is used against epilepsy and wounds, also used as an insect repellent. Obat Epilepsi, obat luka dan penolak serangga. keren sekali….

Pic:Uttarakhand, INDIA

catatan: udah minta ijin copy paste artikelnya, via komentar blog dengan bahasa ingris terbata-bata. ga tau dibaca atau engga

Posted in Uncategorized | Leave a comment